Ijin Operasi Indomart & Alfamart Kotamobagu Terancam Tidak Diperpanjan

KOTAMOBAGU. MA.- Dinilai melanggar kesepakantan yang disepakati bersama, Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM bakal tidak memperpanjan Ijin Operasi Gerai Indomart dan Alfamart di Wilayah Kota Kotamobagu.Hal tersebut dikarenakan kedua gerai tersebut diduga tidak memasarkan produk lokal yang ada di Kota Kotamobagu.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Kotamobagu Herman Aray, mengatakan sesui dengan temuan saat Inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan beberapa waktu lalu keduanya tidak menjual Produk lokal Kota Kotamobagu seperti yang disepakati bersama.

“Sebelumnya dari isi kesepakatannya, bahwa Indomaret dan Alfamaret wajib menjual produk lokal Kotamobagu, tapi kenyataan saat dilakukan Sidak keduanya tidak menjual,”Kata Herman Aray.

Kepala Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (KPTSP) Kotamobagu Noval Manoppo mengatakan, memang sebelum mengeluarkan surat Ijin Operasi serta surat surat pendukung lainnya, disitu sudah ada kesepakatan bersama dengan kedua pengelolah terkait dengan itu. Namun kalau ada rekomendasi dari Dinas terkait atas masalah ini, tentunya kita akan tidaklanjuti sesui dengan kesepakatan bersama.

Baca juga:   Di Pimpin Andrei Angouw DPRD SULUT Gelar RDP Terkait Penggunaan Boraks Pada Makanan

“Kan sebelum dikeluarkan Ijin Operasi tentunta sudah ada komitmen, dan itu adalah wewenag dari Dinas Peridusterian Koperasi dan UKM, kami hanya mengacu pada rekomendasi dan menindaklanjuti terkait dengan perijinan.” Kata Noval Manoppo.

Anggota DPRD Kota Kotamobagu Meidy Makalalag ST.mengatakan, Dinas terkait harus mengevaluasi keberadaan Indomart dan Alfamart kalau didak mentaati kesepakan bersama terkait dengan penjualan produk produk lokal yang ada di Kota Kotamobagu, berarti itu melanggar.

Dari informasi yang diperoleh, Kata Meidy, Beberapa produk yang dihasilkan home industry di Kotamobagu seperti kacanag goyang, kue kolombeng, kacang telur, roti, ternyata hanya milik produk yang didatangkan dari luar daerah.

“Inikan aneh untuk itu, Dinas terkait harus melakukan evaluasi itu , dan kalau perlu kita akan atur jadwal untuk melakukan hearing kepada kedua pengelolah Indomart dan Alfamart itu.” Tegas Meidy Makalalag.

Pihak Pengelolah Indomart dan Alfamar belum berhasil di konfirmasi, dan akan diupayakan dilakukan konfinmasi secepatnya.

Diketahui untuk gerai Indomart dan Indomart yang beroperasi di Kota Kotamobagu sebanyak 28 Gerai, yang terdiri dari Indomart 17 Gerai, dan Alfamart sebanyak 11 Gerai.  (DIX).

Baca juga:   Tinjau Pos Terpadu, Ini Pesan Danrem 131/STG

(Sumber gambar: geogle)

 

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments