Hukum Tua Desa Mangkit Banjir Sorotan, Bupati Sumendap Diminta Turun Tangan

-MA-Kinerja Hukum tua Desa Mangkit Simon Aling Banjir sorotan, hal ini sebagaimana diungkapkan Arwadi Sawotong yang mewakili suara aspirasi sebagian Warga Desa Mangkit, Kecamatan Belang Kab. Minahasa  Tenggara.

“Memang ada beberapa poin yang perlu disorot,” katanya.

Untuk BLT 2018-2019 misalnya penyaluran yang dilakukan, malah berlawanan dengan aturan dan diduga tidak tepat sasaran. Bahkan ada penerima yang malah mempunyai warung sembako, rumah tehel,” ungkapnya.

Tak sampai situ, lanjutnya, untuk BST 2020 istri Hukum Tua Mangkit, diduga turut masuk daftar penerima. Selain itu, menurut Arwadi pekerjaan jalan kebun yang dianggarkan melalui Dana Desa, tidak sesuai plafon, yang mana sebenarnya harus dibuat 1500 Meter, namun hanya 600 meter,” ungkapnya lagi.

Adapun Kumtua Tua juga turut bertanggung jawab atas tagihan dana serikat petani Minahasa (SPM) dibekas lahan HGU dimana ada 300 petani menyetorkan uang sebesar 100 ribu per orang ( jumlah total 30 jt) untuk pembuatan tapal batas kebun tapi tapal batas tersebut sampai sekarang ini tidak dibuat, kata Arwadi.

Baca juga:   Mengatasnamakan Pedagang Pasar Bersehati,Noho Cs Gelar Demo di Pemkot Manado

Selanjutnya Kumtua diduga tak mempetanggung jawabkan dana penebangan pohon kelapa seekira ratusan juta, ujarnya.

Selanjutnya dia menyebut perlu juga disorot terkait perangkat desa di Desa Mangkit yang diduga merupakan keluarga kumtua serta pengelolaan BumDes terkesan dikelolah Pribadi.

“Untuk BumDes sekretaris dan bendahara seakan dicabut fungsinya. Karena sudah diambil alih penuh oleh kumtua. Sedangkan penunjukan perangkat desa seperti terkesan dinasti,” tukasnya.

Untuk itu, Arwadi meminta Bupati Mitra James Sumendap untuk menindaklanjuti kasus ini. Terlebih selama ini Kumtua terkesan sering mengintimidasi.

Sangat diharapkan Bupati untuk menindaklanjuti ini. Apalagi beberapa masalah Kumtua sudah kami laporkan baik ke Inspektorat Mitra, Oumbudsmen Manado hingga Kejari Amurang,” tandasnya.

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments