Ferry Liando : Badan Anggaran DPRD Sulut Jangan Hanya Garang Di Pembahasan

iNewscrime.com- Pengamat Politik dan pemerintahan DR Ferry Liando menanngapi kritis terkait masalah Bank SulutGo..Menurutnya bukan hanya masalah Bank Sulut ini saja, dalam banyak hal terkait kepentingan masyarakat para legisator khususnya Banggar terkesan hanya garang di pembahasan. Menurutnya fungsi pengawasan terkesan tidak jalan sebagaimana mestinya,”kalau hanya ngotot di pembahasan ngapain,”semburnya.

Menurutnya Lemahnya pengawasan DPRD terhadap eksekutif bisa jadi karena beberapa kemungkinan misalnya terlalu kuatnya power Gubernur Olly Dondokambey yang memiliki jaringan dengan elit elit nasional lainnya mengakibatkan Olly mampu mengontrol semua legislator lewat jaringan jaringan tetsebut. Selain itu menurut akademisi Unsrat ini, PDI P adalah peraih kursi terbanyak di DPRD, dan memiliki struktur kelembagaan partai yang kuat dan solid sehingga mampu mempengaruhi anggota dari fraksi yang lain.

Di katakan juga olehnya bisa jadi sebagian dari oknum DPRD takut kehilangan proyek dari Pemerintah jika harus bersikap kritis. Selain itu menurutnya sudah bukan rahasia lagi karena kepentingan yang berbeda dari setiap anggota DPRD mengakibatkan soliditas hubungan antar anggota DPRD tidak begitu kuat sehingga mempengaruhi daya dobrak terhadap kebijakan Pemerintah,”paparnya.

Baca juga:   Terkait Pernyataan Netty Pantouw, Mewengkang Janji Pertemukan MPTT-I Dengan Netty Pantouw Dalam Agenda Resmi

Di bagian akhir Liando mengatakan tugas utama DPRD adalah menyampaikan dan mengawal aspirasi masyarakat, jangan sampai hanya karena takut anggaran operasional DPRD apalagi kepentingan mengawal agar PP I8 tentang kenaikan tunjangan anggota dan pimpinan DPRD sehingga fungsi pengawasan dewan kendor,”Pungkas Dosen di Fisipol Unsrat ini. (Robby)

 

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments