Dukcapil Minsel terobosan baru, buat Kartu keluarga dengan Sistem Barcode.

Dukcapil Minsel buat terobosan baru, buat kartu keluarga dengan Sistem Barcode

Amurang, Manadoaktual.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) membuat terobosan baru. Yakni dengan mengembangkan sistem tanda tangan digital atau yang dikenal dengan barcode, agar lebih praktis dan efisien dalam pengurusan Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK).

Kadis Dukcapil Minsel, Corneles Mononimbar saat ditemui di ruang kerjanya Senin (6/01/2020) mengatakan dukcapil minsel untuk SOPnya seperti biasa, tapi untuk sekarang sudah ada terbitan baru sistem online barkot, dimana untuk diketahui, program ini merupakan inovasi percepatan layanan dengan sistem teknologi berupa tampilan barcode pengganti tanda tangan (manual) dalam pembuatan KK dan Akta Kelahiran.

“Ini terobosan baru untuk mempercepat layanan pembuatan KK dan Akta bagi masyarakat Minsel. Produk ini tidak lagi menggunakan tanda tangan basah atau manual, tetapi barcode. Maka setiap orang yang membutuhkan tanda tangan kepala dinas, tidak lagi tergantung pada keberadaan kepala dinas di kantor, tapi bisa dikerjakan di mana saja lewat handphonen, asal ada jaringan dengan menekan tombol persetujuan,” paparnya.

Baca juga:   Pnt, Michaela Paruntu Pimpin Ibadah Sambut Natal Bersama komisi Remaja GMIM Efrata Uwuran Dua

Program ini banyak manfaatnya terutama dalam memangkas waktu dan biaya, karena masyarakat cukup datang ke kantor Dukcapil Minsel untuk dilakukan pencetakan KK dan Akta, dan membawa berkas lengkap, ucap kadis.

Dan nantinya juga program ini akan di luncurkan langsung oleh Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu, pungkasnya.

(Marsel)

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments