DPRD Sulut Sahkan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018 Menjadi Perda

Sulut, Manadoaktual.com – Rapat Paripurna  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (T.A) 2018 menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Pengesahan itu dilakukan melalui Rapat Paripurna dalam rangka pengambilan keputusan, yang dipimpin Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw dan didampingi Wakil Ketua Vreeke Runtu, Marthen Manoppo, Wenny Lumentut dan dihadiri Gubernur Olly Dondokambey SE dan para anggota DPRD Sulut di Ruangan Rapat Paripurna DPRD Sulut, Senin (08/07/2019).

Kita telah mengikuti dengan seksama atas penyampaian laporan dari Badan Anggaran yang berisi proses pembahasan pendapat fraksi-fraksi dan hasil pembicaraan Badan Anggaran DPRD bersama tim anggaran Pemerintah Daerah Provinsi Sulut. Maka kami sebagai pimpinan rapat dapat menyimpulkan bahwa ke-6 fraksi telah memberikan pendapatnya menerima Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Provinsi Sulut Tahun Anggaran 2018 beserta dokumen-dokumen lainnya yang merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan untuk ditetapkan menjadi peraturan daerah (perda) Provinsi Sulut,” ungkap Angouw.

Seluruh Fraksi di DPRD Sulut memberikan pendapat akhir terhadap Ranperda tersebut, dan pada akhirnya, semua Fraksi menyetujui Ranperda dimaksud disahkan menjadi Perda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2018.

Gubernur Olly Dondokambey SE menerima dokumen Perda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2018 dari Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw .

Baca juga:   PPS Se-Kotamobagu Barat Buka Posko Pengaduan DPT

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada saudara Ketua, para Wakil Ketua dan segenap Anggota DPRD Sulut, atas penyelenggaraan Rapat Paripurna ini, sekaligus keputusan diterimanya Ranperda menjadi Perda,” tandas Gubernur Olly.

Gubernur Olly menambahkan bahwa sebagai salah satu tahapan dalam siklus penyelenggaraan pemerintahan, dipahami bahwa tahapan pertanggungjawaban memiliki bobot yang tinggi karena substansi utama dari tahapan ini adalah kesinambungan proses pembangunan daerah yang berkorelasi dengan pembangunan bangsa.

“Melalui tahapan ini, kita akan mampu mengukur keberhasilan proses pembangunan yang telah dilaksanakan, sekaligus mengambil patokan atau tolak ukur guna penyelenggaraan pembangunan kedepan,” kata Gubernur Olly.

Dia juga mencatat ada 5 hal yang menjadi perhatian utama dari 23 catatan rekomendasi DPRD Sulut terkait Perda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Pemerintah Provinsi Sulut untuk Tahun Anggaran 2018.

Gubernur mencatat sekaligus menanggapi rekomendasi DPRD Sulut sebagai berikut;

DPRD Sulut mengingatkan pengalokasian anggaran berdasarkan asas pemerataan.

“Kami sudah lakukan banyak program, yang kita sinergikan dengan program nasional. Intervensi untuk percepatan pembangunan infrastruktur, ” ujar Gubernur Olly.

Baca juga:   Ferry Daud Liando : Hari Ini Gerindra Jadi korban, Besok Besok Nasdem Jadi Korbannya

Hasil reses DPRD ditindaklanjuti. Menurut Gubernur Olly pemerintah tetap menyesuaikan apa yang jadi masukan dewan.

Pembangunan pertanian terkait harga kopra. Hal ini menurut Gubernur Olly sudah dikoordinasikan ke pemerintah pusat soal regulasi terkait PPN (Pajak) pertanian, dimana dalam waktu dekat PPN akan terkoreksi.

Jembatan penghubung Boulevard II ke Ring Road akan dibangun agar bisa akses ke Bandara.

” Jembatan ini terhubung ke Manado Outer Ring Road (MORR), dan ini diselesaikan pada tahun 2020. Pada 2019-2020 MORR sudah selesai. Ini dijanjikan pemerintah pusat,” kata Gubernur Olly.

Peningkatan fasilitas objek wisata. Menurut Gubernur Olly, hal ini ditargetkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Ini akan jadi tolak ukur semua pembangunan infrastruktur. Di lokasi wisata, seluruhnya akan dibangun infrastruktur,” tandas Gubernur Olly.

Adapun rapat paripurna turut dihadiri jajaran Forkopimda, Sekdaprov Edwin Silangen SE MS dan para pejabat Pemprov Sulut.

Bagikan berita ini!

avatar
  Subscribe  
Notify of