DP2KB Minahasa Tenggara Perkenalkan Vasektomi

Mitra, INewscrime.com – Kondom adalah salah satu alat kontrasepsi pria. Namun, dua tahun terakhir ini, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) belum mendapat jatah dari pemerintah pusat.

Hal tersebut di atas dikatakan Kepala Dinas Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kabupaten Mitra Dra Anna Dotulong kepada sejumlah awak media di ruangan kerjanya, Rabu (22/11/17).

“Memang sejak 2017 lalu hingga tahun ini, dinas kami tidak mendapat jatah alat kontrasepsi kondom dari pemerintah pusat,” tuturnya yang saat itu disampingi Kepala Bidang Keluarga Berencana Julien Kula SKep.

Meskipun demikian, lanjut Dotulong, kondom bukan satu-satunya alat kontrasepsi pria yang mampu mencegah kehamilan.

“Saat ini kami sedang melakukan pemasangan vasektomi atau metode operasi pria yang sejak lalu gencar-gencarnya diperkenalkan, bahkan mulai digandrungi kaum pria,” ujarnya .

Sementara itu Kabid Keluarga Berencana Julien Kula membenarkan apa yang dikatakan Dotulong bahwa pemasangan vaksetomi memang sudah mulai diminati oleh kaum pria.

“Di wilayah Touluaan sudah ada yang menggunakannya,” ungkap Kula.

Ditambahkannya bahwa vasektomi merupakan operasi kecil pada alat vital pria guna mencegah transportasi sperma pada testis.

Baca juga:   Papan II Jadi Rebutan, Sumendap Tunggu Keputusan DPP

“Saya jamin metode vasektomi tidak akan mempengaruhi performa biologis pria. Tidak ada pengaruh. Hanya metode pemasangan kontrasepsinya saja yang berbeda,” jelasnya. (Rml rusli)

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments