Diskominfo Kotamobagu Terfokus Pada Penyediaan Infrastruktur KIM 18 Kelurahan

KOTAMOBAGU. MA.- Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Diskominfo saat ini terfokus pada penyediaan  infrastruktur Kelompok  Informasi  Masyarakat (KIM) di 18 Kelurahan yang ada di empat (4) Kecamatan yang ada di Kota Kotamobagu.

Sebagai mana yang dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotamobagu Ahmad Yani Umar. Dimana dari 15 Desa yang ada di Kotamobagu, sudah Delapan (8) Desa yang terpasang layanan KIM,  sementara untuk desa lainnya, Pemkot tidak akan mensuport lagi untuk Infrastruktur KIM karena mereka sudah mempunyai anggaran sendiri. Dan untuk pembiayaannya bisa diambil dari Anggaran Dana Desa (ADD).

“Intinya, Saat ini pemkot terfokus pada penyediaan infrastruktur KIM di 18 Kelurahan yang ada di Kotamobagu. Dan untuk Desa yang belum terpasang layanan KIM  pemkot tidak akan menganggarkan lagi,  sebab mereka sudah bisa menggunakan Anggaran Dana Desa dan itu bisa. ” Kata Ahmad Yani Umar. Kamis (27/9/2018).

Ahmad Yani mengatakan, sebenarnya dari tingkat Kelurahan dan Desa apabilah mampu mengelolah dan mampu memberdayakan terutama masyarakat IT yang ada di Desa/ Kelurahan tersebut,  ini bisa mendatangkan sumber Pemdapatan Asli Desa (PADes).

Baca juga:   Benny Rhamdani Melepas Langsung Ratusan Rider Trail Adventure

“Dengan adanya KIM ini, tentunya Kelurahan dan Desa bisa memberdayakan masyarakat IT yang ada di Desa Kelurahan masing masing. Terkait dengan Tim IT nanti Diskominfo akan menyediakan Tim untuk memberikan pendampingan di Kelurahan dan Desa, agar benar benar menjadi KIM mandiri.” Kata Ahmad Yani Umar.

Diketahui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah suatu lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelolah dari dan oleh untuk masyarakat yang secara khusus berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhannya.

Penulis: (DIX).

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments