Dinas Pertanian Kotamobagu Terus Mendorong Petani Kembangkan Kakao

KOTAMOBAGU. MA.- Pemerintah Kota melalui Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Kotamobagu terus mendorong para petani Kakao untuk mengembangkan tanaman Kakao di wilayah Kota Kotamobagu.

Hal tersebut dilakukan guna dapat meningkatkan produksi Kakao di Kota Kotamobagu serta dapat meningkatkan ekonomi karena Kakao kedepan mempunyai prospek yang bagus.

Seperti yang dikatakan Ramjan Mokoginta Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kotamobagu, dimana saat ini kami terus mendorong  beberapa Kelompok Tani Kakao yang ada di Kotamobagu untuk terus mengembangkan tanaman ini.

“Tentu ini adalah tanaman yang bagus untuk dikembangkan guna meningkatkan hasil pertanian dan ekonomi para petani, sehingga pemerintah terus melakukan dorongan dengan memberikan beberapa bantuan dan fasilitas para petani,” kata Ramjan Mokoginta. Senin (27/8/2018).

Lanjutnya, saat ini  sudah banyak warga Kotamobagu khususnya petani yang beralih ke tanaman kakao ini, kerena selain harganya tetap stabil dipasaran, tanaman ini juga dapat dipanen empat kali dalam sebulan.” Kata kata Ramjan Mokoginta.

Baca juga:   Diskominfo Kotamobagu Siarkan Secara Langsung Debat Publik Paslon Putaran Ke-Dua

Farid Potabuga warga Kelurahan Mongkonai yang juga merupakan ketua Kelompok tani Kakao, mengatakan, saat ini para pemuda Kelurahannya tak tanggung tanggung terjun dalam dunia pertanian dan menanam Kakao dengan memanfaatkan teknologi yang dimiliki, yaitu pengembangannya dengan cara cangkok atau sambung pucuk.

“Tanaman Kakao  yang kami kembangkan adalah jenis Sulawesi A, atau pengembangan dengan cara cangkok, atau sambung pucuk. Dan biasanya dengan cara seperti ini buarnya lebih besar dan berkualitas, belum lagi masa panennya lebih cepat dari Kakao lokal,” kata Farid Potabuga.

Penulis: (DIX).

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments