Dinas DPMK Se Propinsi Papua Barat Studi Banding Di Minahasa Utara

Minut,Inewscrime.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) se Propinsi Papua Barat gelar Rakornis dan Study Banding tentang pengelolaan Bumdes dan Pemanfaatan swadaya masyarakat yang ada di Desa/Kampung di Kabupaten Minahasa Utara,Sulawesi Utara,Kamis (19/04/18).

Ada tiga (3) Desa di Kabupaten Minahasa Utara yang menjadi lokasi Study Banding,Desa tersebut antara lain Desa Suwaan Kecamatan Kalawat ,Desa Kokole 1 Kecamatan Likupang Selatan dan Desa Marinsow Kecamatan Likupang Timur.

– Desa Suwaan,jenis usaha : Pembuatan Batako dikelola oleh Bumdes

– Desa Kokole 1,jenis usaha : Pembuatan Embung dikelola oleh Bumdes

– Desa Marinsow,jenis usaha : Pembangunan Pariwisata Pantai Pal dikelola oleh Bumdes

Maksud dan tujuan study banding Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) di Sulawesi Utara,Kepala Dinas DPMK Propinsi Papua Barat Drs.Johny Rumbruren MSi mengatakan bahwa mereka ingin melihat tingkat perkembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMD).

“Maksud dan tujuan kedatangan kami,dengan maksud study banding melihat perkembangan Badan Usaha Milik Desa atau Kampung dan bagaimana cara penataan organisasi di Minahasa Utara,” tutur Rumbruren.

Baca juga:   Jackson Kumaat Terpilih Sebagai Ketua DPD Partai Hanura Sulut

Diketahui,pengelolaan Bumdes di Sulawesi Utara terlebih khusus di tiga (3) Desa dengan melibatkan swadaya masyarakat,sehingga Dinas PDMK memilih Minahasa Utara sebagai lokasi kegiatan Rakornis dan Study Banding.

Ikut dalam kegiatan tersebut,Kadis DP3MD Minut Ir.Cakra Gundo,Kadis DPMK Manokwari,Kadis DPMK Kota Sorong,Kabid DPMK se Kabupaten Kota Propinsi Papua Barat,Camat Likupang Selatan,Hukum Tua (Kepala Desa) Suwaan,Hukum Tua Kokole 1,Pendamping Desa Minahasa Utara.

Redaksi

Bagikan berita ini!

Bank Sulutgo