Diduga Ada Kong Kalingkong Pengurusan Ijin Tambak Udang, Warga Demo

Manado – MA – Puluhan aktivis mahasiswa yang tergabung di Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) STAI Nurul Hidayah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, menggelar aksi unjukrasa di lokasi pembangunan tambak udang milik PT. Persada Karya Lestari tepatnya di Pantai Sawah Kabayan, Desa Muara Binuangen, Kecamatan Wanasalam, Sanin (14/5/2018).

Dalam aksinya, pendemo menuding bahwa pembangunan tambak udang tidak memberikan dampak positif kepada masyarakat nelayan, melainkan hanya dapat merusak lingkungan wisata.

Ketua Komisariat PK PMII STAI Nurul Hidayah Malingping, Yudi Guntara menuturkan, adanya tambak bukan menjadi potensi baik di Pantai Binuangen, melainkan hanya merusak lingkungan wisata serta mengancam perekonomian para nelayan setempat.

“Tidak tahu malu, aturan sudah ada tapi malah dilanggar. Seharusnya, perhatikan dampak lingkungan,” teriak Yudi dalam orasinya.

Sementara Galih Januar Pamungkas, salah seorang pendemo lainnya mengatakan, pembangunan tambak berbenturan dengan beberapa aturan terkait pembangunan tambak udang di lokasi tersebut.

“Lihat saja sempadan pantai sudah habis terkikis, jadi mana mungkin ini ada izin. Jika ada, kami menduga ada main dari rekomendasi proses perijinan,” kata Ketua Rayon STAI Nurul Hidayah itu.

Baca juga:   Kongko-Kongko Bersama S. BAN LIOW Anggota DPD-RI

Pantauan wartawan, saat puluhan mahasiswa melakukan aksinya, tidak ada satu pihak pun dari perusahaan tambak udang dan pihak dinas/instansi setempat yang menemui pendemo.

Sementara, aksi mendapat pengawal dari aparat kepolisian setempat dan hingga aksi berakhir berjalan damai dan kondusif. (Gun/TN1)

Bagikan berita ini!

Bank Sulutgo