Dialihkan Ke Dinas Sosial Budaya, Mewengkang pertanyakan Keberadaan UPTB Penanggulangan Kemiskinan Di Sulut

INewscrime.com- Terjadinya perubahan organisasi pada Unit Pengelola Teknis Badan (UPTB) Penanggulangan Kemiskinan Sulut (Sulut) yang sebelumnya ada dalam lingkup Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) namun kini telah dialihkan ke Dinas Sosial dan Budaya menjadi pertanyaan Ketua Komisi 1 DPRD Sulut Ferdinand Mewengkang.

Terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi I bersama Bappeda, Selasa (06/02/2018) siang ini, seharusnya historisnya waktu dibentuk harus direncanakan dengan baik,”ungkap Mewengkang Saat Di tanyakan oleh awak media.

“Apa gunanya dibentuk kemudian dirombak atau dipindahkan sana-sini. Bagaimana nasib para aparatur yang ada didalamnya?”  ungkap Mewengkang seakan balik  bertanya  pada awak media.

Sebagai Satu satunya UPTB tersebut yang  ada di Indonesia, seharusnya UPTB Sulut menjadi contoh bagi daerah lain.

“Sangat pentingnya UPTB ini seharusnya Pemprov dan Kemendagri melakukan kajian ulang. Apalagi UPTB tersebut menunjang langsung program OD-SK Bahkan kalau perlu daerah lain mencontohi pembentukan UPTB semacam ini,” ujarnya dengan nada sedikit ringgit.

Menjawab hal tersebut, Kepala Bappeda Sulut Recky Tumanduk, UPTB tersebut dibentuk di kepemimpinan Sony Sumarsono waktu menjabat Pj Gubernur Sulut.

Baca juga:   Hasil Keputusan Bersama SMD Ke-IV GBI Sulut Dikembalikan Ke-BPH

“Keberadaannya memang sangat membantu dalam menanggulangi masalah kemiskinan di Sulut. Dan UPTB semacam ini hanya ada satu-satunya di Indonesia. Dibuktikan dengan data yang ada dimana dalam pengamatan kami 2017 kemiskinan kita mencapai 7,9% dari 8,1%. Itu laporan resmi yang kami terima dari badan statistik,” jelas Tumanduk.

Terkait dengan sinergitas dengan kabupaten/kota, lanjut Tumanduk, semua telah memuat semua dalam menanggulangi kemiskinan.

“Kemudian, UPTB ini juga menjadi basis data terpadu terkait kemiskinan di Sulut. Dan UPTB ini hasil kajian Pemprov dan Kemendagri, itu sudah tidak dimasukkan lagi di nomenklatur Bappeda namun masuk di bidang Sosial dan Budaya. Adapun dana yang dibahas dan disampaikan pembahasan lalu dimasukkan ke Sosbud,” jelas Tumanduk. (Robby)

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments