Dana Bantuan Partai Politik DPRD Kotamobagu Siap Dicairkan

KOTAMOBAGU. MA.- Dana bantuan Partai Politik kepada Delapan (8) Partai Politik yang mempunyai kursi di DPRD Kota Kotamobagu segera akan dicairkan. Masing masing Partai Golkar, PAN, PDI-Perjuangan, Gerindra, Demokrat, HANURA, PKB, dan PKS.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Kotamobagu melalui Sekretarisnya Hendra Makalalag, mengatakan saat ini dari Delapan (8) Partai Politik yang mempunyai kursih di DPRD Kotamobagu sudah ada empat partai yang sudah memasukan proposal pengajuan sementara empat lainnya belum.

“Yang sudah mengajukan proposal yaitu Partai Golkar, PDI-Perjuangan, Geridra dan PKS, yang saat ini sedang berproses , tinggal menunggu Disposisi Sekot kemudian akan diverifikasi untuk pencairan.” Kata Hendra Makalalag.  Selasa (28/8/2018).

Dijelaskannya juga, Dana untuk Partai Politik (Parpol) dihitung atas perolehan suara pada Pemilihan legislatif (Pileg) dengan hitungan Rp.9.700/ suara itu yang dikalikan sebayak perolehan suara yang didapat oleh Partai.

“Kalau pada Pemilihan Legislatif lima tahun lalu meperoleh 1.000 suara, maka jumlah yang akan dikalikan Rp.9.700 , itu yang nantinya akan dibayarkan ke Partai Politik.”

Baca juga:   KPU Kotamobagu Resmi Tetapkan Paslon Walikota & Wakil Walikota Terpilih Untuk Periode 2018-2023

Lanjut Hendra, untuk kepada partai yang belum memasukan proposal agar secepatnya memasukannya sebab mengingat waktu yang semakin sempit. Seharunya pada Agustus ini semua proposal sudah masuk. “ Jelas Hendra Makalalag..

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Perbendahaan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Syafrudin Abas,  mengatakan atas rekomendasi dari BPK dan BPKD , Banpol sudah bisa dicairkan sesuai pengajuan dari Partai Politik (Parpol) yang mempunyai kursi di DPRD Kotamobagu.

“Rekomemdasi dari BPK sudah keluar sehingga sudah bisa di cairkan, kami tinggal tunggu pengajuan dari masing masing Partai Politik melalui Kesbangpol,” Terang  Safrudin Abas.

Penulis: (DIX).

Bagikan berita ini!

avatar
  Subscribe  
Notify of