Camat Amurang, Ingatkan Warganya Jangan Membakar Lahan perkebunan

Amurang, manadoaktual.com – Beberapa hari ini, kebakaran hutan dan lahan kerap terjadi di kecamatan Amurang untuk itu Camat Amurang Roommy F. Rumagit, S.Sos mengharapkan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Amurang untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar hutan.

“Kami mengharapkan kesadaran dari masyarakat, terlebih khusus di kecamatan Amurang dan di sekitar kepolisian Uwuran dua dan buyungon jangan membuka lahan dengan melakukan pembakaran,” kata camat di ruang kerjanya kepada wartawan Manadoaktual.com Jumat (2/08/19).

Lanjutnya, Kebakaran lahan perkebunan di sasayaban sejak kemarin hari, kami dari forkopimda sudah langsung mengecek beberapa titik terjadi diwilayah lokasi kebakaran, kurang lebih 6 hektar yang terbakar. Maka dari itu saya mengingatkan kembali kepada masyarakat khususnya kecamatan Amurang. Agar tidak melakukan pembakaran, tanah, lahan perkebunan. Saya tidak mau ada warga saya yang tersangkut masalah hukum,” pesan camat Amurang

“Saya menyampaikan secara tegas, bahwa kegiatan membuka lahan denga secara membakar tidak di benarkan, itu melanggar aturan hukum yang ada, karena dapat merungikan banyak orang dan membahayakan diri sendiri,” tegas Camat.

Baca juga:   sosialisasikan Maklumat Kapolres Minsel di sejumlah Gereja larangan bagi siswa siswi pelajar mengendarai kendaraan bermotor

Ia pun mengingatkan kepada seluruh masyarakat terlebih khusus bagi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar, karena akan ada sanksi tegas diberlakukan kepada para pelaku pembakaran hutan. Dan itu sudah jelas tertera dalam UU Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan dengan ancaman hukuman penjara 15 tahun dan denda Rp. 5 miliar.

Untuk itu atas nama Bupati Minahasa Selatan DR.Christiany Eugenia Paruntu SE, mengharapkan bagi masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara di bakar, untuk lahan tidur itu dikerjakanlah tentu dengan cara semestinya, seperti kerjabakti atau kerjasama mapalus bukan membuka lahan dengan cara dibakar. Pungkas Camat

Tak lupa juga Camat Amurang mengucapkan banyak terimakasih kepada, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar Pemkab Minahasa Selatan (Minsel), Henri Palit yang sudah memerintahkan melalui petugas-petugas mobil Damkar yang selalu membantu proses penanganan kebakaran sehingga bisa cepat teratasi, Ucap Camat Amurang.

(Marsel)

Bagikan berita ini!

avatar
  Subscribe  
Notify of