Bungkam PSIS 2-0 Di Stadion Klabat, Jacksen Thiago : Serasa Main Di Jayapura

Foto: Jalannya Pertandingan Persipura Jayapura VS PSIS Semarang.

MANADOAKTUAL.COM-  Lama dinantikan akhirnya Stadion Klabat Manado resmi menjadi Venue Shopee Liga 1 yang mempertemukan Tim  berjuluk Mutiara Hitam Persipura Jayapura dan Tim yang berjuluk Mahesa Jenar PSIS Semarang.

Terpilihnya Stadion Klabat oleh Persipura Jayapura karena Stadion Mandala Jayapura yang menjadi home base mereka sedang dalam renovasi karena akan jadi salah satu venue yang akan digunakan pada PON PAPUA 2020.

Jalannya Pertandingan 

Kick Off Pertandingan di mulai Pukul 15.30 yang dipimpin oleh wasit asal Jakarta Nusur Fadillah.

Babak pertama antara Persipura dan PSIS berjalan dalam tempo lambat namun kontrol pertandingan di kendalikan oleh Persipura yang mengandalkan Thiago Amaral sebagai play maker untuk melayani Boas Salossa dan Sylvano Comvalius serta Rivaldo Tod Ferre sebagai penyerang lubang (second striker).

Licinnya lapangan akibat hujan yang mengguyur Stadion Klabat sebelum pertandingan dimulai sedikit mempengaruhi performa Persipura Jayapura yang diarsiteki oleh Jacksen Thiago ini.

“Kaka Boci” (Boas Salossa, red) terlihat belum kompak betul dengan Sylvano Comvalius. Begitu juga dengan Rivaldo Tod Ferre terlihat masih belum menemukan permainan tetbaiknya.

PSIS sendiri walaupun hanya sesekali menyerang namun serangan mereka yang digalang oleh Septian David Maulana Dan Fandi Eko Utomo di lini tengah dan trio striker mereka Hari Nur Julianto, Jonathan Zorilla dan Komar mampu membuat pertahanan Persipura yang di galang oleh Arthur Cunha Darocha pontang panting membendung serangan anak asuhan Dragan Djukanovic.

Baca juga:   Kalah 2-0 Dari Borneo FC, Jacksen Thiago Tetap Apresiasi Anak Asuhnya

Hingga babak pertama berakhir skor tidak berubah masih 0-0 untuk kedua kesebelasan.

Memasuki babak kedua inisiatif serangan masih dipegang oleh Persipura Jayapura.

Memasuki menit ke 54 memanfaatkan bola liar di kotak penalti PSIS, Boas Salossa akhirnya mampu memecah kebuntuan lewat sepakan kerasnya yang meluncur keras ke gawang PSIS tanpa mampu dibendung oleh penjaga gawang Jandia Eka Putra, 1-0 untuk Persipura Jayapura

Tensi pertandingan makin tinggi usai gol dari Boas. Selang tiga menit usai gol Boas, PSIS hampir saja menyamakan kedudukan akibat kecerobohan barisan pertahanan Persipura.

Persipura terus mendominasi jalannya pertandingan satu sepakan dari Comvalius menyambut umpan dari Tod Ferre masih melenceng disebelah kanan gawang PSIS.

Pertengahan babak kedua  Jacksen Thiago melakukan tiga kali pergantian pemain . Ian Louis Kabes, Ganansar Maindowen dan Yosua Pahabol masuk menggantikan Amaral, Matsunaga dan Boas Salossa.

Pergantian pemain yang dilakukan oleh Jacksen Thiago akhirnya membuahkan hasil. Kerjasama yang cantik antara Pahabol dan Maindowen mampu diselesaikan dengan manis oleh Ganansar Maindowen pada menit ke 87 lewat gocekan manisnya yang mengelabui bek dan penjaga gawang PSIS, 2-0 untuk Persipura.

Baca juga:   Saling Respek, RIcky Nelson dan Elie Aiboy Sama Sama Yakin Menang

Hingga peluit akhir dibunyikan wasit skor tidak berubah tetap 2-0 untuk Persipura Jayapura.

Usai pertandingan, pada sesi konfrensi pers pelatih PSIS Dragan Djukanovic pada awak media mengakui kemenangan Persipura Jayapura.

“Sejak kemarin sudah saya katakan Persipura adalah tim yang sangat berkualitas dan pada pertandingan tadi anak asuhnya kehilangan konsentrasi dan akhirnya Persipura memenangkan pertandingan tadi,”ujar coach Dragan.

Ditambahkan oleh pelatih PSIS bahwa pada pertandingan tadi secara individu beberapa anak asuhnya bermain kurang baik dan itu akan menjadi bahan evaluasi untuk pertandingan berikut,”tandasnya.

Sementara itu Pelatih Persipura Jayapura Jacksen Thiago pada sesi konfrensi pers berterima kasih atas dukungan dari suporter dari manado dan Jayapura.

“Kami seperti bermain di Jayapura, ketika boci (Boas, red) menyerang semua penonton meneriakkan namanya dan itu menambah motivasi Boas dan semua pemain, “kata Jacksen.

Terkait jalannya pertandingan Jacksen mengakui bahwa pada babak pertama permainan kurang berkembang utamanya pemain tengah.

“Aliran bola yang kita rencanakan kurang baik makanya saya dua kali lakukan pergantian dua pemain tengah dan puji Tuhan dengan sedikit diskusi di ruang ganti, permainan pada babak kedua akhirnya kita bisa mengatasi masalah pada babak pertama,”tandasnya.

Baca juga:   Sulut United Tumbangkan Persmin Minahasa 2-0 di Laga Amal

Susunan Pemain Kedua Tim

Persipura Jayapura

Dede Sulaiman (PG), Israel Wamio (Bek) M.tahir (Bek) Yustinus pae (Bek), Takuya Matsunaga (TG), Thiago Amaral (TG) Rivaldo Tod Ferre (TG), Boas Salossa (DP), Comvalius (DP)

Cadangan : Geri Mandagi. Doni Monim. Imanuel rumbiak. Ricardo Salampessy, Ian luias kabes, Ganansar Maindowen, Yohannes pahabol

PSIS Semarang

Jandia Eka Putra (PG), M Rio Sahputra (Bek), Safrudin tahar (Bek), Wahyu Prasetyo (Bek), Wallace Costa (Bek), Fandi Eko Utomo (TG), Finky Pasamba (TG), Septian David Maulana (TG), Hari Nur Yulianto (DP), Jonathan Eduardo Cantillana (DP), Komarudin (DP)

Cadangan : Joko ribowo, Fendri  Saputra, Soni Setiawan, Eka febri Yogi Setiawan, Fredian wahyu Sugiantoro, Abdul Rahman Abanda, Aditya Jori Guruh Setiawan.

(RKM)

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments