Billy Lombok Usulkan Tax Amnesty di Perdakan

MANADO, INewscrime. com – Kebijakan pengampunan pajak, alias tax amnesti dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ke – 53 kepada pemilik kendaraan bermotor mendapatkan dukungan oleh salah satu legislator Sulut. Anggota Komisi II Billy Lombok menuturkan, pengampunan kepada wajib pajak kendaraan roda dua maupun roda empat yang tertuang dalam edaran surat Gubernur nomor 42 tahun 2017 tentang tata cara dan besarnya pemberian keringanan, pengurangan pokok serta pembebasan denda pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor adalah kebijakan yang baik. Menurutnya, tax amnesty daerah adalah terobosan cerdas dan upaya gubernur memaksimalkan dua hal. Yakni, pendapatan daerah dan kesadaran dan kedisiplinan warga agar taat pajak.”Selanjutnya perlu disediakan perangkat hukum yang sifatnya memaksa wajib pajak untuk membayar. Apakah itu peraturan daerah (Perda) atau peraturan gubernur (Pergub),” ungkap Lombok, kemarin.

Tambah Lombok, dan yang terpenting di sini yaitu tersedianya kemudahan membayar pajak dari wajib pajak, serta bebas dari praktek calo dan pungutan liar (Pungli). “Meski terobosan ini kesannya mendesak dilaksanakan. Namun semoga wajib pajak semakin dimudahkan dengan fasilitas perbankan, online dan lain sebagainya,” kata Lombok.

Lanjut Ketua Karang Taruna (KT) Sulut ini, yang perlu diingat, pajak adalah ranah privat, jadi tidak boleh sembarang orang dapat mengakses pajak orang lain apalagi hanya dengan sms. “Sistem saat ini perlu terus diperbaiki. Tujuannya supaya untuk mengakses informasi pajak disediakan pin khusus kepada masing-masing wajib pajak bila ingin mengakses jumlah pembayarannya,” jelas Lombok.

Baca juga:   Indonesia Masih Berpeluang Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Dia pun menegaskan, kalau saat ini dirinya cukup tahu plat nomor kendaraan orang. “Saya bisa tahu segalanya tentang pajaknya dia, ini tidak tepat, bayangkan saja bila biro umum telat sehari saja membayar pajak kendaraan dinas gubernur, pasti langsung jadi bulan bulanan, padahal pajak adalah ranah privat seseorang, bagian hubungan privat seseorang dengan negara,” tandasnya. (Robby)

 

 

Bagikan berita ini!

avatar
  Subscribe  
Notify of