Beberapa Caleg Belum Kantongi Rekomendasi Pemasangan APK

Irianto:  Saya Tidak Bertanggung Jawab  Kepada Caleg Yang Tidak Kantongi Rekomendasi

KOTAMOBAGU. MA.- Pihak Kesatuan Bangsa dab Politik (Kesbangpol) Kota Kotamobagu terus menyeruhkan kepada semua pihak yang menjadi competitor dalam kontestasi Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilres) Tahun 2019 untuk tidak mengabaikan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 34 Tahun 2008 tentang Pengaturan teknis terhadap keberadaan organisasi dan penertiban surat rekomendasi di Wilayah Kota Kotamobagu.

Seperti yang dikatakan Kepala Kesatuaa Bangsa dan Politik (Kesbagpol) Kota Kotamobagu Irianto Mokoginta dimana tahapan Kampanye sudah mulai sejak 23 September 2018,  namun masih ada beberapa Calon Legislatif (Caleg) dari Partai peserta Pemilu 2019 belum  mengurus Surat Rekomendasi untuk pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) seperti Baliho, Billboard, Spanduk dan lain lain.

“Tahapan Kampanye sudah dimulai namun masih ada beberapa caleg yang belum mengantogi Surat Rekomendasi dari pihak Kesbangpol untuk pemasangan Alat Peraga Kampanye, “ Ungkap Irianto Mokoginta. Rabu (7/11/2018).

Baca juga:   Tingkatkan Kreatifitas Anak Lewat Lomba Mewarnai

Irianto mengatakan saat ini sudah ada sekitar Sepuluh (10) Caleg dari beberapa Partai yang sudah mengantongi  rekomendasi, serta ada beberapa Caleg yang sementara sedang dalam proses pengurusan. Dan Setiap Caleg dari Partai peserta pemilu dalam pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) harus mengantongi rekomendasi.

“Saya tidak akan bertanggung jawab kepada Calon Legilatif yang sudah memasang Alat Peraga Kampanye sebelum mengantongi rekomendasi. Sebab rekomendasi berlaku sejak tanggal dikeluarkan.”

Lanjutnya, disisni sudah diatur dalam Perda Nomor 34 Tahun 2008 tentang Pengaturan teknis terhadap keberadaan organisasi dan penertiban surat rekomendasi di Wilayah Kota Kotamobagu.” Ungkap Irianto Mokoginta.

Yang diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 34 tahun 2008 yangdituangkan dalam Pasal 15 dimana kegiatan yang perlu dikeluarkan surat rekomendasi dari pemerintah Kotamobagu adalah (a). Kegiatan yang dilaksanakan oleh Oraganisasi Kelomok Masyarakat maupun perorangan. (b) Pemasangan Pemasangan Spanduk, Papan Promosi, (c) Kegiatan lainnya yang dipandang perlu dikeluarkan rekomendasi karena berpotensi terkumpulnya massa yang banyak.

Penulis: (DIX).

Baca juga:   Dara Manis Asal Loloda Ini Bangga Jadi Sarjana Walaupun Hanya Anak Petani Kopra

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments