Bawaslu Sulut Gelar Sosialisasi Pengawasan Tahapan Pemilu DPRD, DPR-RI, DPD-RI, Presiden & Wakil Presiden

KOTAMOBAGU. MA.- Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Provinsi Sulawesi Utara menggelar Sosialisasi Pemilu Partisipasi Dalam Rangka Pengawasan Tahapan Pemilihan Umum Anggota DPRD,DPR, DPD dan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden  Tahun 2019, bertempat di Ballroom Hotel Sutanraja Kota Kotamobagu. Sabtu (23/6/2018).

Sosialisasi ini dibuka oleh Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHAL) Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara Kenly Poluan.S.Pd. MM. Serta didampingi oleh Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum Penindakan Pelanggaran (HPP) Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara Mustarin Humagi. S.Hi. yang keduanya juga merupakan pemateri, serta menghadirkan pemateri dari Lembaga Pengkajian Pemilu Sulawesi Utara Dr. Ferry Liando yang juga merupakan Dosen Ilmu Sosial Politi Pasca Sarjana Unsrat Manado, dan pemateri dari tokoh masyarakat Bolaang Mongondow Raya. Supriadi Goma. S.Pdi.

Kesempatan ini Koordinator Divisi (Kordiv) HPP. Mustarin Humagi menyampaikan materi terkait dengan peran Bawaslu serta kewenangan Bawaslu terkakit dengan proses pegawasan hajatan pesta demokrasi tahun 2018 Pilkada, dan 2019 Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR-RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/ Kota secara serentak di Indonesia.

Baca juga:   Bupati TETTY PARUNTU Perintahkan Dinas PMD buat Peraturan Bupati Terkait “MEWETENG”

Intinya dengan adanya pemilihan serentak pada tahun 2019 pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD-RI, DPR-RI, DPRD Kabupaten/Kota,  nanti masyarakat akan dihadapkan dengan tim pemenangan, tim, kampaye empat kandidat yang akan mendatangi warga dengan berbagai cara.

“Disini masyarakat yang paling tertinggi dalam melakukan eksekusi terhadap proses yang namanya demokrasi. Mereka yang mengotori yang namanya demokrasi itulah yang menjadi tugas kita bersama untuk menghindari yang namanya Terstruktur, Sistimatis dan Masif, melalui kejahatan terutama namanya money politik dan lain lain yang bertentangan dengan undang undang.”

Lanjutnya, ada beberapa kasus yang melakukan kecurangan dengan cara TSM atau administrasi, kalau terbukti itu langsung dilakukan pembatalan calon atau di Diskualifikasi.” Tegas Mustarin Humagi.

Sementara itu pemateri dari Lembaga Pengkajian Pemilu Sulawesi Utara Dr. Ferry Liando yang juga merupakan Dosen Ilmu Sosial Politi Pasca Sarjana Unsrat Manado, dalam materinya menyampaikan ada beberapa indikator yang dapat melahirkan kualitas pemimpin yang baik, yaitu, undang undang, konsestan pemimpin atau Caleg, DPR-RI, DPD-RI, DPRD Kabupaten/ Kota, penyelenggara, serta indikator yang keempat adalah pada diri sendiri.

Baca juga:   Sekretariat DPRD Sulut Gelar Bimtek Forkom Se-Sulut

“Empat indikator ini ada keterkaitannya semua, undang undang sudah bagus, Calegnya sudah bagus, penyelenggaranya sudah baik, kita pemilih sudah baik pula, maka akan menghasilkan pemimpin serta caleg yang baik pulah” Pungkas Dr Ferry Liando.

Hadir dalam Sosialisasi ini para pimpinan dan anggota Panwaslu Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Tokoh Masayarakat, tokoh agama, perwakilan dari OKP, insan Pers, pemilih pemula serta para undangan lainnya. (DIX).

 

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments