Aliansi Jurnalis Bolaang Mongondow Raya Gelar Aksi Damai Disejumlah Titik

KOTAMOBAGU. MA. Puluhan pewarta dari berbagai media yang mengatasnamakan Aliansi Jurnalis Bolaang Mongondow Raya menggelar aksi damai didepan Kantor Kejaksaan Negeri Kotamobagu, Pengadilan Negeri Kotamobagu, DPRD Kotamobagu serta Polres Kotamobagu. Kamis (21/3/2019).

Aksi damai ini dilakukan guna menyampaikan aspirasi, agar kasus yang menimpa saudara Supriadi Dadu (Uping) Pemimpin Redaksi Klikbmr.com terkait pemberitaan yang saat ini sedang disidangkan di Pengadilan Negeri Kotamobagu, meminta agar proses penyelesaiannya harus menggunakan UU Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers,  bukan UU ITE.

Supardi Bado selaku Koordinator Lapangan (Korlap) dalam Aksi Damai ini menyampaikan dimana agar kasus yang menimpa saudara Supriadi Dadu terkait pembertaan, penyelesaiannya sengketa produk Jurnalis harus menggunakan UU nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, bukan dengan UU ITE.

“Ini sudah jelas momok menakutkan bagi para pekerja Pers di- Indonesia yang juga menjadi Pilar Ke-Empat Demokrasi yang sering terancam dengan UU ITE. Harusnya, jika terdapat kekeliruan dalam produk Jurnalis terkait pemberitaan, proses penyelesaiannya harus menggunakan UU Nomor 40 Tentang Pers.” Kata Supardi Bado dalam orasinya.

Baca juga:   Glen Mononutu Makamkan di Leilem

Menurut Supardi dengan menggunakan UU ITE terkait kasus pemberitaan Supriadi Dadu dinilai membelunggu kebebasan berekspresi para Jurnalis termasuk yang ada di Bolaang Mongodow Raya bahkan Indonesia pada umumnya.

Dalam kesempatan ini Atas nama Aliansi Jurnalis Bolaang Mongondow Raya menyampaikan beberapa poin pernyataan sikap yaitu,

  1. Bebaskan Supriadi Dadu (Uping) dari semua tuntutan.
  2. Meminta Majelis Hakin memberikan putusan yang adil yang berpihak pada Jurnali.
  3. Stop Kriminalisasi Jurnalis menggunakan UU ITE dan KUHP.
  4. Usut tuntas kasus pembunuhan Jurnalis yang selama ini belum terungkap.
  5. Mengimbau kepada seluruh masyarakat BMR, jika terjadi kekeliruan dalam produk jurnalistik, harus menggunakan mekanisme sesuai UU Pers nomor 40 tahun 1999.

Usai menyampaikan aspirasi didepan Kantor Kejaksaan Negeri Kotamobagu, awak media menuju Kantor Pengadilan Negeri Kotamobagu, Kantor DPRD Kotamobagu, serta Polres Kotamobagu untuk menyampaikan aspirasi yang sama. (DIX).

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments