Akses Masuk Di Batasi Runtu & Tumbelaka Pertanyakan Kebijakan Sekretariat DPRD Provinsi Sulut

Foto : Akses Masuk Yang Menggunakan Key Card

INewscrime.com, Deprov – Fasilitas baru di gedung yang baru ternyata belum bisa menjamin kenyamanan, itu pula yang kesan yang dirasakan saat berkunjung ke kantor DPRD Sulut yang baru di jalan raya Manado Bitung di bilangan Kampung Tiram Kairagi tersebut.

Dengan alasan keamanan, pasca peresmian gedung baru tersebut, pihak Sekretariat DPRD Sulut terkesan mulai membatasi akses masuk ke berbagai ruangan di DPRD Sulut.

Terpantau oleh media, Rabu (4/10/2017) kemarin  pintu masuk ke sekretariat DPRD baik yang di lantai satu maupun dua tertutup. Bagi masyarakat yang ingin masuk harus melapor kepada petugas keamanan yang sudah memegang key card dan nanti akan dibuka pintu masuk tersebut.

Kebijakan proteksi dari pihak Sekretariat tersebut ternyata tidak menyenangkan salah satu wakil pimpinan DPRD Sulut.

“Ini rumah rakyat, gedung rakyat. Kenapa harus dikurung seperti ini,” kesal Wakil Ketua DPRD Sulut, Vreeke Runtu yang kebetulan hendak memasuki ruangan namun harus menunggu petugas membukakan pintu dengan key card tersebut.

Baca juga:   Tampil Dengan Zirah "Kabasaran" Sumendap Pukau Para Tamu Hut Provinsi Sulawesi Utara ke 53.

Mengetahui hal tersebut, Pengamat Politik dan Pemerintahan Sulut, Taufik Tumbelaka menyesalkan kebijakan proteksi sekretariat DPRD Sulut tersebut.

“Ini juga terkait hak rakyat dalam menyampaikan aspirasi kepada wakil rakyat yang mereka pilih. Kenapa harus dibatasi seperti itu,” ketus Tumbelaka.

Lanjut dikatakan Tumbelaka, terkesan juga ada pembatasan dari sekretariat DPRD Sulut untuk pada jurnalis dalam meliput setiap gerak-gerik pada anggota DPRD SUlut.

“kesulitannya sejumlah jurnalis dalam mengakses narasumber di Kantor DPRD Sulut menjadi menarik, karena ini menyangkut UU No.40 tahun 1999 tentang Pers, dimana para jurnalis dalam menjalankan tugas peliputannya dilindungi oleh UU. Disini masyarakat memperoleh informasi tentang Penyelenggara Negara (termasuk para Wakil Rakyat), kalau jurnalis dibatasi informasinya datang darimana,” pungkas Tumbelaka. (Admin)

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments