ADVETORIAL RANGKAIAN KEGIATAN TOMOHON INTERNATIONAL FLOWER FESTIVAL (TIFF) TAHUN 2019

Bertemakan “Greatest Love of All” Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF) ke 9 tahun 2019 sukses di gelar. Berikut review rangkain kegiatan sepanjang iven TIFF.

Jungle Flower Enduro (JFE) 2019 dimulai 2/8/19 berlokasi di Gunung Mahawu.

JFE Adventure Riding merupakan sebuah format gowes bersama melewati track yang digunakan oleh pembalap sepeda yang nantinya akan merasakan adrenaline dan sensasi yang sama namun tanpa tekanan dan tersedia doorprize bagi peserta.

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA mendukung sepenuhnya pelaksanaan kegiatan ini.

Walikota saat berfoto bersama para peserta JFE

Hari ini Jumat 2 Agustus 2019 telah memulai kegiatan yang diawali pendaftaran para peserta.
Peserta yang sudah terdaftar ada yakni 94 peserta dari
1.Gorontalo.
2.palu
3.kendari
4.makasar
5.balikpapan
6.bandung
7.jakarta.

“94 peserta telah mengikuti kegiatan ini” kata  Koordinator pelaksana Syske Wongkar SPd.

Kegiatan ini menjadi pembuka dari seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka TIFF 2019. Sukses TIFF, Sukses Kita Semua.

Para peserta menginap dan tersebar di Kota Tomohon selama kegiatan sekaligus menyaksikan kegiatan TIFF 2019 dan menikmati keindahan dan kesejukan Kota Tomohon.

Pemeran dan ngobrol serta bedah buku “Bumi Karema” karya Rosekampoong dilaksanakan di Grand Linow Tomohon, rabu (7/8/19).
Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan TIFF 2019.

Rosekampoong bersama walikota JFE saat bedah buku “bumi karema”

Untuk diketahui, buku “Bumi Karema” merupakan karya fenomenal yang diluncurkan pada 27 Maret 2019 di Jakarta oleh Rose Kampoong yang adalah Ruthy Deonisya Bambang Waskito istri dari mantan Kapolda Sulut.

Dari buku ini nampak pentingnya bahwa kekayaan tanah Nyiur Melambai tidak bisa dipandang sebelah mata. Kekayaan dimaksud antara lain mewujud dalam Bumi Karema ini, membuktikan juga bahwa tanah ini mengandung banyak kekayaan di darat dan laut, bahkan kekayaan seni dan budaya yakni musik, tarian, adat dan lain sebagainya, semua diuraikan dalam buku ini.

“Apresiasi kepada Pemerintah Kota Tomohon yang mendukung dalam berbagai hal sehingga buku ini dapat diluncurkan, demikian dukungan akan acara ini.” Ucap Ruthy.

Lanjut istri Bambang Waskito, “Buku ini sebagai bentuk oleh-oleh buat Pemerintah dan masyarakat Tomohon karena ada juga isi di buku ini menunjukan suasana ataupun kekayaaan alam yang ada di Kota Tomohon.” Tutup Ruthy.

Disisi lain pihaknya tetap terus mendukung kegiatan TIFF 2019 yang saat ini sementara berlangsung.

Sementara itu Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA, “Kami tentu memberi apresiasi yang luar biasa kepada ibu Rose Kampoong yang peduli dengan Pemerintah dan masyarakat Sulut termasuk Kota Tomohon dengan menghadirkan buku ini.
Hal ini juga sebagai bentuk kontribusi terhadap pengembangan pariwisata di Sulut.
Semoga buku foto Bumi Karema dapat menjadi rujukan pariwisata dan sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pelestarian atau perlindungan alam, budaya dan lingkungan di Sulawesi Utara.”

Narasumber dalam kegiatan Prof Ir Farmis Boneka MSc,
Dr Ivan Kaunang sebagai Dosen Fakultas Ilmu Budaya,
Choerun Mokoginta sebagai budayawan dari Bolmong,
Liliek Setiawan.
Ikut mendampingi Walikota, Sekretaris Kota Ir Harold Lolowang MSc.

Wakil Walikota Sambut Para Dubes pada Selasa tanggal 6/8/19

Wakil Walikota menerima kedatangan para dubes yang akan menghadiri TIFF 2019.

Wakil walikota Sompotan saat menyambut para duta besar yang akan hadiri TIFF9

Tempat VIP Bandara Samrat, wawali didampingi Sekda, Kadis Capil selaku koordinator seksi Diplomatik, Kaban Keuangan, Kaban Pemberdayaa Perempuan bersama staf protokol Kementerian Luar negeri serta para Liason Officer (LO) atau pejabat penghubung.

“Atas nama Walikota dan seluruh masyarakat Tomohon mengucapkan selamat datang sekaligus mengalungkan bunga kepada para dubes.” Ucap Wawali Sompotan.

Dubes Panama dan Dubes Nigeria yang datang kedua kali dan beberapa dubes lainnya yang pertama kali datang di Sulut.

Rombongan para Dubes menginap di Hotel  Sintesa Peninsula dan hari pertama dijamu makan malam oleh Pemerintah Provinsi Sulut bertempat di City Extra restaurant. Dihadiri pula kesultanan yang diduk bersama Sekretaris Kota Ir Harold Lolowang MSc.

Nantinya mereka akan menikmati Kota Tomohon selama dua hari 7-8 Agustus 2019. Kegiatan bertajuk Diplomatic Tour yakni hari I Penjemputan dan gala dinner,hari ke II ke Tomohon melihat keindahan dan merasakan   kesejukan  Kota Tomohon, mampir di rumah panggung, makan siang di Lokon View dan mengikuti pertemuan bisnis Kawanua sambil menikmati Danau Linou dan malamnya dijamu Makan Malam oleh Walikota Tomohon di Grand Linou bersama KKK.

Para Dubes hari Kamis 8/8/19 mengikuti kegiatan di Mahawu Retreat Hill bersama Menteri Pariwisata RI Arief Yahya, Sekprov Sulut Edwin Silangen dan Walikota Tomohon serta para KKK. Selanjutnya melihat  parade kendaraan hias dan makan malam di Anugerah Hill bersama menteri dan rombongan dan para pejabat selanjutnya kembali ke hotel.

Rombongan dubes bersama walikota dan ketua panitia di anugrah hills

Rombongan Dubes hari ini Rabu 7/8/19 mengunjungi Tomohon diawali dari Rumah Panggung Woloan, dan diterima Asisten Kesra Drs.ODS Mandagi bersama para pejabat terkait.

Baca juga:   Lolowang : Buka Kegiatan Penyusunan Indikator Kinerja
Rombongan dubes kunjungi lokon view disambut wawali

Para Dubes disuguhi kue tradisional cucur, goroho chips dan aneka buah dan cemilan khas Tomohon.

Ada juga presentasi dari pengusaha rumah panggung serta dialog bersama para dubes menyangkut harga dan jenis kayu yang digunakan serta disain rumah yang diinginkan.

Selanjutnya menikmati makan siang di Lokon View Cafe yang diterima Wakil Walikota Tomohon Syerly A Sompotan bersama para pejabat Pemkot Tomohon.

Kemudian mengikuti kawanua bisnis forum dan menikmati pemandangan Danau Linou selanjutnya menikmati jamuan makan malam bersama Walikota Tomohon.

Para dubes begitu menikmati keindahan dan kesejukan alam Tomohon sambil berfoto bersama dan selvie. Dalam setiap kegiatan ini didampingi seksi diplomatik tour yang di ketuai Kadis Capil Tomohon Albert J Tulus SH juga pejabat pemkot lainnya.

Pada hari pelaksanaan TIFF 2019, para Dubes mengikuti kegiatan di Mahawu Retreat Hill bersama Menteri Pariwisata RI Arief Yahya dan walikota Tomohon, serta makan siang bersama dengan pejabat juga dihadiri para KKK atau kawanua dari Jakarta.

Selanjutnya ke podium utama untuk menyaksikan TIFF khususnya pawai kendaraan hias bunga, carnival, peluncuran bunga dengan nama Iriana.
Malamnya di jamu di Anugerah Hill sambil menikmati udara dingin dan pemandangan yang Indah.

Pada hari terakhir tanggal 10/8/19 para dubes mengikuti Bunaken Tour yakni snorkeling dengan jamuan dari Pemerintah Kota Manado

Selanjutnya Asisten Umum Dra Lily Solang MM didampingi Kadis Capil, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan seluruh seksi diplomatik tour pada sore hari mengantar para Dubes ke bandara untuk kembali ke Jakarta dengan membawa banyak cerita dan pengalaman berharga selama diplomatik Tour.

Kegiatan Kawanua Internsional Business Forum dilaksanakan di Grand Linou. Kegiatan ini menandai pula kehadiran para kawanua yang bermukim di Jakarta dan sekitarnya.

Sukses TIFF 2019 dihadiri Menteri Pariwisata, Para Dubes negara sahabat, Dubes Filipina SH Sarundajang, Kesultanan, Sekprov Sulut,Walikota Tomohon,
para bupati, wakil bupati, para walikota, wakil walikota.

Tampil sebagai juri diantaranya Karen Tambajong selaku pemerhati dan penasehat asosiasi bunga nasional.

Walikota Tomohon, “Sektor Pariwisata sebagai Leading Sektor. Pemkot membenahi seluruh penunjang kepariwisataan yang ada. Terima kasih ke Menpar yang telah hadir mensukseskan TIFF 2019.”

TIFF dengan tema Greatest Love of All adalah even utama Tof, setiap tanggal 8 Agustus dilaksankan guna mendongkrak atraksi kunjungan wisata di Tomohon  Sulut dan Indonesia .

Tujuan pelaksanaan Tof, untuk mendatangkan wisatawan dan memberi kesan mendalam bagi seluruh pelancong yang datang.

“TIFF memberi dampak luas bagi perekonomian.Terima kasih kepada semua pihak.” Ujar Walikota Tomohon.

Gubernur melalui video teleconference, “Memberikan apresiasi atas pelaksanaan TIFF 2019, kegiatan membuat Tomohon dan Sulut semakin terkenal dan mendunia sehingga abenda TIFF menggerakkan ekonomi masyarakat.”

Mentri Pariwisata Arief Yahya

Ucapan selamat pun datang dari Menpar Arief Yahya, “Syukur atas pelaksanaan TIFF, selamat untuk Tomohon, Tof trending topik di indonesia, tiff di tetapkan kalender of even nasional, tiff kalender international 2020, sebagai carnival bunga terbaik nasional.”

Sulut destinasi superioritas. Satu-satunya penghargaan sulut terpilih sebagai the rising star dalam laju pertumbuhan dan tingkat kunjungan wisatawan di Indonesia.
Pertumbuhan naik 5 x lipat 580 % untuk Provinsi Sulut dan 517 persen Tomohon.

Presiden berjanji meningkatkan kapasitas bandara Samrat  naik 3 x lipat. Pada 15
Juli 2019 lalu Presiden mengundang 5 gubernur untuk membahas  5 destinasi super prioritas :  Danau Toba, Candi Borobudur, Mandalika,Labuan Baju dan Sulut.

Tahun 2020 anggaran untuk menunjang kepariwisataan meningkat sangat drastis . Presiden mengharapkan semua fasilitas penunjang harus lengkap.

Untuk Kota Tomohon Menpar mempersilahkan untuk mengusulkan kawasan yang luas untuk pengembangan pariwisata.

Harapan Menpar, sulut menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Pembukaan ditandai pembukaan tetengkoren dan kolintang oleh para dubes,menteri,walikota,wakil. Dilanjutkan dengan tarian dan nyanyian mazani yang memecahkan rekor MURI dengan 1530 guru pengajar penyanyi Mazani.

Malamnya walikota menjamu para dubes dan menteri pariwisata di Anugerah Hill diiringi pemasangan kembang api.

Float 1 Tomohon chrisan iriana.2 Ukraina, pengexport terbesar biji-bijian di dunia, 3. US 50 negara bagian kepala indian cowboys,4 Queensland karang taman laut.
5.nepal kathmandu bangunan kuno di kathmandu,6 Korea kota bunga & pariwisata goyang.7 Pingkan kolintang grup.8 PGE Lahendong,serta float lainnya yang semuanya berjumlah 32 kendaraan hias yang telah mensukseskan iven prestisius ini.

Salah satu peserta, float dari USA

Decak kagum, bangga dan ungkapan penuh syukur terbersit dan terucap dari seluruh tamu dan undangan yang menyaksikan parade kendaraan hias ini.

Sukses besar dalam Pelaksanaan TIFF 2019 menggerakkan ekonomi masyarakat dari berbagai lini dan saling kait mengait antara satu dengan yang lainnya.

Seperti dalam sektor jasa transportasi, rumah makan, usaha catering,penginapan dan banyak usaha lainnya, semuanya bermuara kepada seluruh komponen masyarakat Tomohon. Selamat kepada pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon.

Baca juga:   Tiga Tahun Kepemimpinan, Peresmian GOR Dan HUT Walikota Tomohon

Menyemarakkan TIFF 2019 juga diadakan kegiatan bertajuk millennium tourism. Dilaksanakan di Mahawu Retreat Hill yang dihadiri menteri pariwisata,Walikota Tomohon serta undangan laInnya.

Pemecahan record MURI Mazani
Record MURI kembali terukir di Kota Tomohon saat pelaksanaan TIFF 2019.

Pemecahan rekor MURI tari Mazani, penari terbanyak

Kali ini dalam TIFF 2019 memecahan rekor penyanyi & penari Mahzani sebanyak 1350 orang guru pengajar yang ada di Kpota Tomohon.

Penyerahan sertifikat MURI diserahkan langsung perwakilan MURI kepada Walikota Tomohon, Kadis Dikda Tomohon & pelatih kegiatan ini.

Piagam MURI di terima walikota Tomohon

Para peserta juga mengambil bagian dalam parade Tof 2019 dengan mempromosikan penggunaan topi petani yang juga adalah hasil kerajinan tangan yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Apresiasi mengalir dari berbagai elemen dalam masyarakat bahkan dari para dubes dan tamu undangan yang ada atas capaian yang baik ini.

Selamat kepada Pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon, sukses mengiringi kerja keras yang didedikasikan bagi masyarakat umum selama ini

Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon memberikan ucapan terima kasih semoga terus menjadi motivasi penting bagi kemajuan dikota Tomohon.

Torehan tinta emas kembali terukir di Tomohon, teruslah berkreasi dan menghasilkan karya, Bangga menjadi bagian dari Sukses TIFF 2019, Puji Tuhan. Pelaksanaan TIFF memiliki nilai ekonomi tinggi.

Adanya Penyerahan Rekor MURI disaksikan berbagai lapisan masyarakat yang juga turut menyaksikan TIFF 2019.

Usai pertunjukan TIFF ke-9 yang luar biasa spektakuler, Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak, CA menjamu Menteri Pariwisata Republik Indonesia Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc, bersama dengan Para Duta Besar Negara Sahabat yang turut hadir dalam pelaksanaan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2019 dalam Gala Dinner di Anugerah Hill Tomohon, Kamis 08 Agustus 2019.

Selanjutnya pada malam hari bertempat di Panggung Utama pelaksananaan TIFF 2019 dilaksanakan panggung hiburan dengan menghadirkan artis Virza Idol. Tampilan artis ini menarik minat para penggemar hiburan dan masyarakat umum. Terima kasih  kepada Walikota & Wawali berdama seluruh jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

Conser virzha idol usai Tof

Para Dubes yang hadir yakni : Dubes Ukraina Volodymyr Pakhil, Dubes Irak Abdullah  Hassan Saleh, Dubes Nigeria Hakeem Toyin, Dubes Afrika Selatan Hilton Fisher bersama isteri,Dubes Maroko Ouadia Benabdellah, Dubes Panama Debora Ho, Dubes Belarus Valery Kolesnik bersama isteri, Dubes Bahrain Mohamed Ghassan Mohamed Adnan Shaikho,  dari Aghanistan Zalmai Wagamal, dari Papua Nugini Frank Arnaz  Kaminari Mizigi, dari Serbia Marko Samardzija bersama isteri.

Mewakili Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani Nakshatra Kusyala, Deputi Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kawasan DR. Sonny Harry B. Harmady bersama Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak membuka kegiatan Tourism, Trade, Investment and Floriculture Expo 2019, tempat Stadion Babe Palar, Jumat 09/08/19.

Sebelum moment pembukaan Walikota mengatakan bahwa industri pariwisata tidak hanya terbatas pada ketersediaan akomodasi atau penginapan, restoran, biro perjalanan dan paket perjalanan, transportasi dan infrastruktur penunjang lainnya seperti jalan, bandara dan pelabuhan, selain itu perlu adanya objek dan daya tarik wisata yang merupakan faktor penting dalam menarik minat wisatawan.

“Suatu daerah tujuan wisata harus memiliki faktor-faktor pendukung pariwisata agar supaya wisatawan yang datang berkunjung merasa senang dan betah selama melakukan kunjungannya.”

Objek dan daya tarik wisata merupakan salah satu faktor pendukung yang menjadi alasan atau tujuan wisatawan untuk datang berkunjung.

MICE (Meeting, Incentive Convention and Exhibition) merupakan salah satu bagian penting dalam menunjang kegiatan kepariwisataan yang mengherakkan ekonomi.

Usai pertunjukan TIFF ke-9 yang luar biasa spektakuler, Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak, CA menjamu Menteri Pariwisata Republik Indonesia Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc, bersama dengan Para Duta Besar Negara Sahabat yang turut hadir dalam pelaksanaan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2019 dalam Gala Dinner di Anugerah Hill Tomohon, Kamis 08 Agustus 2019. pariwisata yang perlu untuk terus dikembangkan.

Oleh karena itu dalam rangka event Tomohon International Flower Festival 2019, pemerintah Kota Tomohon memasukan event Tourism, Trade, Investment and Floriculture Expo sebagai salah satu sub event.

Sejalan dengan program strategis Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, “Wonderful Indonesia” dan program pemerintah provinsi Sulawesi Utara  maka  pemerintah Kota Tomohon telah menetapkan sektor pariwisata sebagai Leading Sector (sektor unggulan) yang menjadi instrument dalam menjalankan roda pembangunan di Kota Tomohon sebagaimana yang menjadi visi dan misi kami periode tahun 2016 – 2021.

Salah satu sub event Tomohon International Flower Festival 2019 adalah event Tourism, Trade, Investment and Floriculture Expo. Event ini diharapkan menjadi ajang yang efektif dan efisien dalam memperkenalkan dan mempromosikan potensi pariwisata, perdagangan, investasi dan florikultura beserta industri pendukung yang dimiliki oleh setiap daerah baik provinsi, kabupaten kota maupun instansi swasta serta BUMN/BUMD se-Indonesia.

Baca juga:   15 Peserta Pelatihan Menjahit, Dapat Mesin Jahit

Event ini diharapkan dapat memberikan multiplier effect yang mampu menginspirasi dan memotivasi masyarakat terhadap usaha ekonomi kreatif yang nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui tumbuhnya usaha pariwisata dan ekonomi kreatif.

Dalam sambutanya mewakili Menteri, Deputi menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan event Tourism, Trade, Investment & Floriculture Expo di Kota Tomohon, ini merupakan inisiatif yang sangat baik, dikarenakan tidak semua Kabupaten/Kota mampu dan dapat menyelenggarakan even bertaraf internasional.

“Dalam bidang pariwisata tidak ada yang perlu diragukan di Kota Tomohon, Tomohon kaya akan tempat wisata, alam yang mendukung serta udara yang sejuk, ditambah semua sudut di Kota Tomohon berpotensi dijadikan lokasi wisata dapat memberikan pengalaman wisata yang luar biasa bagi wisatawan baik dalam dan luar negeri.”

Lanjut Depiti,” Usai kunjungan saya di Kota Tomohon saya akan langsung melaporkan pengalaman saya akan besarnya potensi pariwisata di Kota Tomohon dan langsung mengadakan rapat koordinasi untuk mendukung pelaksanaan TIFF ke-10 tahun 2020.”

Tampak hadir, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold Lolowang, MSc, Representative of Oceana and South-East Asia Region Karen Tambayong, Queensland Trade & Investment Commisioner Mr. Benjamin Giles, dan Perwakilan Negara Sahabat yang hadir dalam rangka even TIFF 2019.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan lauching BRI Brizzi dengan Tema Kartu Tomohon International Flower Festival (TIFF)

Launching BRI Brizzi

Penjelasan dari Kepala Cabang BRI Tondano M. Taswin bahwa BRI BRIZZI adalah sebuah produk uang elektronik atau e-Money berbentuk kartu diterbitkan oleh BRI untuk melayani dan memproses transaksi digital. Sebagai sebuah produk e-Money, Anda bisa menggunakan BRIZZI sebagai pengganti uang tunai untuk melayani transaksi pembayaran Anda sehari-hari.

Kegiatan Airnav Show tentang keselamatan penerbangan, dilaksanakan di lokasi pameran TIFF (Tomohon International Flower Festival) 2019 Stadion Babe Palar Kota Tomohon, sabtu (10/8/19).

Sekot lolowang apresiasi dukungan AirNav cabang Manado

Kegiatan ini merupakan kolaborasi PT Angkasa Pura 1 (Persero) Bandara Sam Ratulangi Manado dan Airnav Indonesia Cabang Manado bersinergi dengan Pemerintah Kota Tomohon.

Narasumber dalam kegiatam tersebut GM PT Angkasa Pura 1 (Persero) Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus Gandeguai, GM Airnav Indonesia Cabang Manado Danan Suseno, Kadis Perhubungan Provinsi Sulut Lynda Watania, Cptn Hadi (Batik Air),GM Airnav cabang Halim Hengki Poluan, Kabid pengembangan sistem transpirrasi Captn Jeffry Worang, Kepala seksi pelayanan dan pengoperasian bandar udara kantor otoritas wilayah VII Manado.

Pemerintah kota Tomohon melalui Sekot Ir Harold Lolowang MSc mengapresiasi kepada pihak PT Angkasa Pura 1 (Persero) Bandara Sam Ratulangi bahkan Airnav Manado telah mendukung penuh kegiatan TIFF 2019.
“Berbagai promosi TIFF di lokasi bandara, tentu menambah nilai tambah tentang bagaimana agenda TIFF lebih dikenal, bukan hanya secara lokal, bahkan mancanegara.”

Tampak hadir jajaran kolaborasi PT Angkasa Pura 1 (Persero) Bandara Sam Ratulangi Manado dan Airnav Indonesia Cabang Manado.
Hadir juga Ketua panitia TIFF 2019 Angelica Tengker.

 

Kontes ratu bunga

Grand Final Kontes Ratu Bunga dilaksanakan di Grand Linow Jumat 9 Agustus 2019

Dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata RI Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc., bersama jajaran Kementerian Pariwisata, Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak. bersama jajaran Pemkot Tomohon, CEO El John Indonesia Johnie Sugiarto, Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Utara Daniel Mewengkang.

Para Tim Juri : Ketua Tim Pelaksana Calender of Event Kementerian Pariwisata RI ibu Esty Reko Astuty, Putri Pariwisata Indonesia 2018 Gabriela Mandolang, Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, Ketua Umum Panitia TIFF 2019 Ibu Angelina Tengker dan Ketua Panitia Pengarah TIFF 2019 Ibu Coreta Kapoyos.

Kontes Ratu Bunga juga merupakan salah satu Main Event Tomohon International Flower Festival 2019 diselenggarakan 6-9 Agustus 2019.

Kegiatannya berupa karantina, pembekalan, beauty class, photo session, interview, city tour, mengikuti Tournament of Flower, dan grand final.

Blessy Easter Sara Tangel terpilih menjadi Ratu Bunga 2019 setelah menyisihkan 10 finalis lainnya.

 

“Kontes Ratu Bunga dimaksudkan sebagai manifestasi tanggung jawab moral dan concern Pemkot Tomohon dalam pengembangan minat, bakat dan kemampuan generasi muda menuju pada pembentukan duta-duta pariwisata yg kreatif, inovatif, berbudi pekerti luhur serta memiliki pengetahuan yg baik mengenai kepariwisataan.” Ucap walikota saat memberikan sambutan

Walikota Tomohon Jimmy F Eman

Lanjut walikota eman,”Kiranya para peserta dan alumni kontes ratu bunga untuk menyingsingkan lengan dan bersatu menjadi duta2 wisata yg berperan sebagai liason officer, perantara sekaligus corong pemerintah dalam mempromosikan berbagai objek dan daya tarik wisata yg ada di Kota Tomohon baik di tingkat nasional maupun internasional.” Tutup walikota eman.

 

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments