39 Koperasi Di Kabupaten Talaud Terima Bantuan Kapal Tangkap Ikan Dari Kementerian Perikanan

INEWSCRIME.COM, TALAUD-Berbagai program terus di upayakan oleh pemerintah pusat dalam rangaka menggenjot pembangunan sektor perikanan.

Salah satunya program Sentra Kelautan dan Perikanan ( SKPT). Untuk menunjang program tersebut, lewat Direktorat Pengelolaan  Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI ) pemerintah menyalurkan paket bantuan tahap awal sebanyak 39 unit kapal, 39 unit mesin dan 39 unit alat tangkap handline yang  kepada 9 koperasi nelayan yang lolos verivikasi di tingkat kabupaten dan kementerian.

Kabupaten Talaud sebagai salah Kabupaten Kepulauan terluar di indonesia kecipratan bantuan lewat program tersebut

Hal tersebut diatas disampaikan Kepala Bidang Penangkapan  dan Tempat Pelelangan Ikan Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Talaud, Ronald Bee.

“Paket Bantuan ini merupakan program pemerintah pusat melalui direktorat pengelolaan ruang laut untuk program SKPT. Karena kabupaten kepulauan Talaud selama dua tahun ini termasuk dalam SKPT, yaitu pembangunan perikanan yang dilaksanakan secara serentak pada semua sendi bidang usaha. Bantuan diserahkan langsung oleh Direktur Jasa Kelautan di KKP sebagai penanggung jawan SKPT di Talaud,” ujar Kabid Penangkapan dan TPI.

Baca juga:   Perkuat Sinergitas, Babinsa Koramil 06/Nanusa Kodim Talaud Bangun Mental Pelajar di Ujung Pulau NKRI

Diungkapkan oleh Bee, Sebenarnya ada 60 unit bantuan yang akan diberikan. Tetapi karena kendala ketiadaan galangan kapal.  Maka bantuan tahap awal  langsung diberikan kepada 39 koperasi. Sementara untuk 21 sisanya akan diberikan menyusul, “akunya.

“Berhubung kita di Talaud  tidak ada tempat parkir kapal atau galangan. Jadi menjaga kemungkinan yang terjadi. Bantuannya langsung di berikan kepada koperasi penerima oleh pemerintah pusat. Calon penerima bantuan hanya dikhususkan kepada koperasi dan Bumdes yang telah terdaftar di Kementerian Kelautan dan Perikanan yang suda lolos verivikasi.

“Alokasi bantuan berbeda – beda. Ada koperasi yang mendapatkan 10 kapal, ada yang 7 kapal. Ini dilihat dari jumlah anggota koperasi,” jelas Bee.

Adapun nama koperasi nelayan penerima bantuan, diantaranya, koperasi Camar Laut, Teluk Lawasan Indah dan Berkat Anugerah  dari kecamatan Salibabu, koperasi  Abingaren dari kecamatan Moronge, koperasi Tunas Baru dari kecamatan Kalongan, koperasi Pelangi Kasih dari kecamatan Melonguane, koperasi Tirta Masa dari kecamatan Rainis, koperasi Karunia dari  kecamatan Beo ,dan koperasi Tunas Mandiri dari kecamatan Essang Selatan.

Baca juga:   Astaga !! Daftar Di Hanura Untuk Maju Bupati Talaud Ternyata Merly Tersangka Korupsi

“Kami berharap. Lewat pemberian bantuan sarana prasarana penangkapan ikan ini.Pendapatan nelayan akan meningkat, sehingga taraf hidupnya juga meningkat,” katanya.  (Red)

 

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments