Djafar Alkatiri: Peran DPD RI Dalam Kelembagaan Negara Sangat Besar

Foto: Djafar Alkatiri Saat Bertugas Di DPD RI.

Manadoaktual.com- Kewenangan DPD RI yang dianggap sangat terbatas sebagai lembaga negara, di bantah oleh Djafar Alkatiri legislator DPD RI perwakilan Sulawesi Utara di Senayan Jakarta.

“Dengan keputusan MK kemarin kita punya kewenangan dalam pengawasan dan legislasi dan itu yang akan kita kejar nanti. Apalagi sekarang kita punya perwakilan di MPR,”terang Mailangkay pada ManadoAktual.com. Sebetulnya dalam UU MD3 pasal 22 D kita punya kewenangan yang cukup signifikan dalam rangka otonomi daerah. Dan otonomi daerah itu penting sekali dalam akselerasi pembangunan masyarakat yang ada didaerah baik pemerintahan maupun kualitas hidup masyarakatnya, karena itu peran DPD sangat besar tinggal nanti di tambah dengan peran peran lainnya  yang bisa memberikan akses aspirasi masyrakat Sulawesi Utara pada kami  untuk kami bawa dan perjuangkan,”paparnya.

Dibagian akhir Alkatiri mengatakan dirinya bersama 3 anggota DPD lainnya yakin bahwa kedepannya kewenangan DPD akan semakin luas dan tidak hanya menjadi lembaga negara pelengkap saja seperti yang dikatakan oleh banyak kalangan.
“karena memang kemarin kita panggil kementerian desa terkait  penataan desa,kita juga memanggil Bappenas dan kemendagri untuk membahas masalah masalah yang terjadi didaerah, kita juga memanggil KPU untuk membahas pilkada serentak, kami  juga memanggil Badan pertanahan untuk membahas masalah tanah didaerah termasuk perbatasan. kami juga sudah berulang kali hearing dengan DPR RI membahas masalah prolegnas. Intinya banyak akses akses yang sudah di buka DPD RI sehingga pemerintah daerah bisa lebih banyak menerima informasi dan masukan dan bantuan berbagai cara dari DPD untuk program pemerintah,”tandasnya. (rkm)

Baca juga:   Raup Suara Signifikan Di Sangihe, Ini Yang Mau Dilakukan Djafar Alkatiri Untuk Kepulauan Sangihe

Bagikan berita ini!

avatar
  Subscribe  
Notify of